Langsung ke konten utama

Scope Pekerjaan

Pekerjaan Seorang Rotating Engineering

28APR

Seorang Rotating Engineering memiliki sequence of job description sbb:

1. Orientasi scope kerja: perlu dipahami sebatas apakah project yang dilakukan (apakah E atau EPC), seberapa besar anggaran dan sistem reporting ke client.

2. Memahami Preliminary Equipment List dan Plot Plan: dari informasi ini tentu dapat tergambarkan mengenai estimasi kapasitas aquipment, tenaga penggerak dan lokasi dari masing2 equipment.

3. Membuat equipment datasheet: ini dilakukan dengan merujuk ke process datasheet dan dokumen lainnya seperti basis of design , basic engineering design data, dan juga spesifikasi peralatan

4. Membuat dokumen pembelian: dokumen tersebut dlm bntuk dokumen yang menyatakan tujuan pembelian dan permintaan khusus tentang equipment yang akan dibeli lengkap dengan lampiran datasheet terkait.

5. Evaluasi teknikal (Technical Bid Analysis): stlh para supplier menawarkan equipment utk dibeli, rotating engineer melakukan review dan perbandingan satu sama lain. Review tsb biasanya meliputi: kesesuaian dgn permintaan, delivery time, deviasi thd standard, metode pemasangan, dsb. Setelah dilakukan review, yang terbaik biasanya akan dilakukan (negosiasi harga).

6. Vendor Print Check/Post Purchase Evaluation: melakukan pemeriksaan thd dokumen vendor dari equipment yang dibeli. Jika memang dokumen sesuai akan di follow up dengan persetujuan atas data tersebut yang akan dilanjutkan smpai tahap konstruksi.

7. Performance Test Evaluation: dimana akan dilakukan pengetesan dari equipment yang dibeli dan memastikan untuk siap dikirim ke lokasi project 

Komentar